Cara Download Perbedaan Kemampuan Lahan dan Kesesuaian Lahan Update Terbaru

Sedikit Info Seputar Perbedaan Kemampuan Lahan dan Kesesuaian Lahan Terbaru 2017 - Hay gaes kali ini team Belajar Modif Game Android, kali ini akan membahas artikel dengan judul Perbedaan Kemampuan Lahan dan Kesesuaian Lahan, kami selaku Team Belajar Modif Game Android telah mempersiapkan artikel ini untuk sobat sobat yang menyukai Belajar Modif Game Android. semoga isi postingan tentang Artikel Tata Guna Lahan, Artikel Tinjauan Teori, yang saya posting kali ini dapat dipahami dengan mudah serta memberi manfa'at bagi kalian semua, walaupun tidak sempurna setidaknya artikel kami memberi sedikit informasi kepada kalian semua. ok langsung simak aja sob
Judul: Berbagi Info Seputar Perbedaan Kemampuan Lahan dan Kesesuaian Lahan Terbaru
link: Perbedaan Kemampuan Lahan dan Kesesuaian Lahan

"jangan lupa baca juga artikel dari kami yang lain dibawah"

Berbagi Perbedaan Kemampuan Lahan dan Kesesuaian Lahan Terbaru dan Terlengkap 2017

Berikut beberapa perbedaan antara kemampuan lahan dan kesesuaian lahan

A. Kemampuan Lahan  
Kemampuan lahan (land capability) adalah penilaian lahan secara sistematik dan pengelompokannya ke dalam beberapa kategori berdasarkan atas sifat-sifat yang merupkan potensi dan penghambat dalam penggunaannya secara lestari. Kemampuan lahan didasarkan pada pertimbangan faktor biofisik lahan dalam pengelolaannya sehingga tidak terjadi degradasi lahan selama digunakan. Makin rumit pengelolaan yang diperlukan, makin rendah kemampuan lahan untuk jenis penggunaan yang direncanakan.

Menurut Notohadiprawiro (1991), kemampuan lahan menyiratkan daya dukung lahan, sedangkan kesesuaian lahan menyiratkan kemanfaatan. Sehingga yang mempengaruhi kemampuan lahan, yaitu :
- Jenis tanah/ geomorfologi
- Curah Hujan / iklim
- Kemiringan Lahan
- Bahaya Areal

Kamus Penataan Ruang (2009), Daya Dukung Lingkungan adalah kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung perikehidupan manusia dan makhluk hidup lain yang ada didalamnya

B. Kesesuaian Lahan 
Kesesuaian lahan (land suitability) merupakan tingkat kecocokan sebidang lahan untuk suatu penggunaan tertentu.
Kamus Penataan Ruang (2009), Kesesuaian lahan diartikan sebagai hal sesuai dan tidak sesuainya tanah untuk pemanfaatan tertentu.

C. Kesimpulan: 
Kemampuan Lahan dipandang sebagai kapasitas lahan itu sendiri untuk suatu macam penggunaan umum, sedangkan Kesesuaian Lahan dipandang sebagai kenyataan kemungkinan penyesuaian sebidang lahan bagi satu macam penggunaan tertentu. 
Contoh Kasus: 
Dalam proses penetuan Lokasi TPS disuatu daerah, bisa terjadi kemungkinan:

  • Hasil analisis kemampuan lahan (Berdasarkan standar minimum kebutuhan TPS) SESUAI, berdasarkan analisis Jenis Tanah, dan Kemiringan Lahan memenuhi syarat untuk Lokasi TPS. 
  • Hasil analisis kesesuaian lahan TIDAK SESUAI, karena dekat dengan permukiman penduduk. 


Dalam Penataan Ruang seluruh unsur tersebut harus Terpenuhi, baik Kemampuan Lahan maupun Kesesuaian Lahannya. 

Itulah sedikit Artikel Perbedaan Kemampuan Lahan dan Kesesuaian Lahan terbaru dari kami

Semoga artikel Perbedaan Kemampuan Lahan dan Kesesuaian Lahan yang saya posting kali ini, bisa memberi informasi untuk anda semua yang menyukai Belajar Modif Game Android. jangan lupa baca juga artikel-artikel lain dari kami.
Terima kasih Anda baru saja membaca Perbedaan Kemampuan Lahan dan Kesesuaian Lahan